Connect with us

DUNIA

Rumah Najib Digeledah Terkait Penyelidikan Skandal Korupsi 1MDB

Published

on

Penggeledahan dilakukan di lima lokasi terkait Najib Razak (REUTERS)

SINGKILNEWS | Penggeledahan di rumah mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak dan sejumlah lokasi lainnya dilakukan oleh tim polisi yang dibentuk khusus untuk menyelidiki skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Penggeledahan bertujuan mencari bukti terkait 1MDB.

Seorang sumber yang memahami penggeledahan mengatakan kepada media lokal Malaysia, Malay Mail, Kamis (17/5/2018), penggeledahan ini berkaitan dengan penyelidikan skandal korupsi 1MDB, yang menyeret Najib.

1MDB merupakan perusahaan investasi negara yang didirikan Najib sejak tahun 2009, dengan tujuan meningkatkan pembangunan di Malaysia. Pada praktiknya, 1MDB malah kehilangan uang miliaran dolar Amerika yang diduga diselewengkan.

Tim kepolisian yang menumpang 10 mobil mendatangi rumah Najib di Taman Duta pada Rabu (16/5) malam waktu setempat. Tim kepolisian lainnya melakukan penggeledahan pada saat bersamaan di beberapa lokasi lain, termasuk dua unit kondominium mewah di kompleks Pavilion Residences yang terkait dengan keluarga Najib.

“Para penyidik familiar dengan investigasi sebelumnya untuk menyelidiki 1MDB,” ujar sumber itu kepada Malay Mail. “Mereka mengambil sejumlah dokumen dari unit-unit itu,” imbuhnya.

Keterangan sumber ini berbeda dengan pernyataan pengacara Najib, Harpal Singh Grewal, yang menyebut hanya barang pribadi seperti tas wanita, pakaian dan hadiah-hadiah yang disita polisi. “Tidak ada dokumen yang dibawa, tidak ada yang penting, hanya barang-barang pribadi termasuk tas-tas,” sebutnya.

Dalam pernyataan terpisah pada media lokal Malaysia, The Star, Direktur Departemen Investigasi Kejahatan Komersial Kepolisian Malaysia, Komisioner Amar Singh, enggan mengungkap tujuan dari penggeledahan ini. Dia hanya mengonfirmasi penggeledahan dilakukan di lima lokasi terkait Najib.

Ditegaskan Amar bahwa penggeledahan dilakukan untuk mencari bukti untuk penyelidikan yang sedang berlangsung. Saat ditanya penyelidikan terkait kasus apa, Amar menolak menjawab.

Diketahui bahwa penggeledahan dilakukan setelah Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, masuk daftar blacklistDepartemen Imigrasi, untuk orang-orang yang dicegah ke luar negeri. Najib yang terseret skandal mega korupsi 1MDB berulang kali membantah telah melakukan pelanggaran hukum. []

Detik

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Palestina

Israel Kebal Hukum Internasional

Published

on

Warga Gaza mengantar jenazah perawat Palestina Razan Najjar (21 tahun) yang ditembak Israel, Sabtu (2/6).

SINGKILNEWS | Daftar pelanggaran hukum internasional oleh Israel semakin panjang. Pelanggaran tersebut mulai dari pembangunan permukiman di wilayah pendudukan Palestina termasuk Yerusalem Timur hingga penembakan warga sipil. Pelanggaran yang terbaru, Israel menembak mati perawat Palestina, Razan al-Najar saat ada unjuk rasa di sepanjang perbatasan Gaza, Jumat (1/6).

Pembangunan permukiman Israel di wilayah Palestina telah melanggar Resolusi 2334 Dewan Keamanan PBB. Resolusi tersebut menuntut Israel menghentikan semua kegiatan permukiman di wilayah pendudukan Palestina, termasuk di Yerusalem Timur. Resolusi telah disahkan sejak 23 Desember 2016. Akan tetapi, Israel terus membangun permukiman Yahudi di wilayah Palestina.

Sebelum resolusi PBB 2334 terbit, badan peradilan tertinggi PBB, Mahkamah Internasional telah memutuskan pada 2004 bahwa permukiman Israel melanggar hukum internasional. Berdasarkan hukum internasional, pemindahan populasi dari atau ke wilayah pendudukan adalah ilegal. Israel telah menarik 8.000 pemukim di wilayah kependudukan pada 2005, akan tetapi hal itu tidak berlaku selamanya. Saat ini, lebih dari 600 ribu warga Israel bermukim di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, wilayah yang diduduki dari Palestina.

Selain itu, serangan Israel kerap menarget warga sipil Palestina. Hal itu jelas melanggar hukum humaniter internasional yang merupakan aturan PBB tentang hukum perang. Tentara Israel pun membunuh jurnalis dan perawat yang secara jelas mengenakan atribut.

Setelah semua pelanggaran hukum internasional tersebut, Israel tetap bebas dari hukuman. Resolusi PBB untuk menghentikan pelanggaran hukum Israel selalu mental di tingkat Dewan Keamanan. Hal itu akibat hak veto anggota tetap DK PBB, Amerika Serikat, sekutu Israel yang selalu menggagalkan resolusi.

Upaya untuk mengadili Israel sebenarnya telah diusahakan Palestina. Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki telah meminta jaksa di Pengadilan Pidana Internasional untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM oleh Israel di wilayah Palestina. Pengadilan Pidana Internasional memiliki wewenang untuk mengadili perkara kejahatan perang, genosida, dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Pengadilan itu dapat dilakukan di 123 negara yang menjadi anggotanya.

Israel memang belum bergabung dengan Pengadilan Pidana Internasional. Akan tetapi, lantaran Palestina merupakan anggota, Israel dapat menjadi sasaran penyelidikan atas kejahatan di tanah Palestina.

Pengadilan Pidana Internasional telah melakukan penyelidikan awal sejak 2015 atas dugaan kejahatan wilayah Palestina. Kejahatan tersebut termasuk kebijakan pembangunan permukiman dan kejahatan perang dalam konflik Gaza 2014.

Pengadilan Pidana Internasional yang beroperasi sejak Juli 2002 itu merupakan pengadilan terakhir. Pengadilan tersebut beroperasi ketika negara tidak mau atau tidak dapat menyelidiki kejahatan di wilayahnya.

Meski demikian, pengadilan tersebut tidak dapat menuntut tersangka. Hal itu karena Pengadilan Pidana Internasional tidak memiliki wewenang melakukan penangkapan. Hasil dari pengadilan akan sangat bergantung pada kerja sama negara-negara anggota untuk menegakkan surat perintang penangkapan.

Melihat fakta tersebut, potensi menyeret Israel ke pengadilan internasional sangat tergantung terhadap kerja sama negara-negara lain. Penegakan hukum internasional tergantung kepatuhan negara-negara lain menegakkan hukum tersebut. Jika tidak ditegakkan, maka nampaknya Israel memang kebal hukum internasional.

*) Penulis adalah redaktur Republika.co.id

Continue Reading

Suriah

Presiden Assad: Kehilangan ISIS dan Al Nusra di Suriah, Membuat Israel Panik

Published

on

Bashar al-Assad (Presiden Suriah)

SINGKILNEWS | Presiden Suriah Bashar al-Assad menilai saat ini Israel tengah dilanda kepanikan. Demikian dikabarkan Russia Today, Kamis (31/5/2018).

Kepanikan itu, lanjut Assad, terlihat dari aksi Israel menyerang Suriah dan mengancam untuk membunuh dirinya sebagai pemimpin Suriah.

Memang dalam beberapa bulan terakhir, serangan Israel terhadap fasilitas militer Suriah semakin gencar.

Israel beralasan serangan itu untuk menyingkirkankeberadaan Iran di Suriah yang diklaim mengancam keamanan nasional negeri Yahudi itu.

Namun, ujar Assad, pernyataan Israel terkait keberadaan aset-aset Iran di Suriah tak lebih dari sebuah kebohongan.

“Tak ada tentara Iran di Suriah. Kami selalu katakan, ada beberapa perwira Iran tetapi mereka bekerja dengan militer kami, jadi tak ada pasukan Iran di sini,” kata Assad.

Beberapa politisi Israel bahkan mengancam akan menyingkirkan Assad dan menggulingkan pemerintahannya jika Iran terus beroperasi di Suriah dan mengirimkan senjata untuk kelompok Hezbollah di Lebanon.

Terkait ancaman itu, Assad menegaskan, dia sama sekali tidak memikirkannyadan tidak merasa takut.

“Israel sudah kerap membunuh negarawan, membunuh warga sipil, menduduki wilayah negara lain, kini sudah hampir tujuh dekade dan biasanya mereka melakukan itu tanpa ancaman,” ujar Assad.

“Sekarang mereka mengancam saya? Ini bentuk kepanikan, karena mereka kehilangan ‘kelompok kesayangan’ Al-Nusra dan ISIS, itu sebabnya Israel panik, dan kami memahami perasaan itu,” ujar Assad.

Lebih jauh, Assad menepis anggapan yang menyebut AU Suriah tak berdaya di hadapan jet-jet tempur Israel.

Politisi berusia 52 tahun itu mengatakan, persenjataan produksi Uni Soviet milik Suriah sudah cukup untuk menangkal serangan AU Israel.

Bahkan, saat AS, Inggris, dan Perancis menyerang Suriah pada April lalu persenjataan buatan Uni Soviet ini juga mampu merontokkan banyak misil canggih sekutu.

“Pertahanan udara kami jauh lebih kuat dari sebelumnya, terima kasih untuk dukungan Rusia. Serangan terbaru dari Israel dan sekutu membuktikan situasi kami jauh lebih baik,” lanjut Assad.

Assad menambahkan, melemahkan pertahanan udara Suriah adalah taktik yang digunakan para “tentara bayaran” di awal konflik di negeri itu.

“Tentara bayaran menyerang basis-basis pertahanan udara itu dan merusaknya. Inilah bukti Israel memiliki hubungan langsung dengan para teroris di Suriah,” Assad menegaskan. [] Kompas

Continue Reading

DUNIA

AS-Korut Batal Bertemu, Presiden Macron Nilai Trump Salah Langkah

Published

on

Donald Trump dan Emmanuel Macron (Foto: AFP PHOTO/LUDOVIC MARIN)

SINGKILNEWS | Presiden Prancis Emmanuel Macron menyayangkan tindakan Presiden AS Donald Trump yang membatalkan pertemuan dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un. Macron menyebut Trump salah langkah.

“(Keputusan Trump) hanya sebuah kesalahan dalam sebuah upaya yang harusnya dilanjutkan,” kata Macron dalam sebuah konferensi pers di Saint Petersburg, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (25/5/2018).

Hadir dalam konferensi pers tersebut Presiden Rusia Vladimir Putin. Meski pertemuan batal digelar, Macron tetap berharap upaya denuklirisasi di Semenanjung Korea tetap berlanjut.

Pertemuan Trump dan Kim Jong Un sedianya digelar 12 Juni mendatang di Singapura. Namun Trump menganggap pertemuan tersebut tidak perlu lagi.

“Tolong biarkan surat ini berfungsi untuk mewakili bahwa pertemuan tingkat tinggi di Singapura, demi kebaikan kedua belah pihak, tetapi merugikan dunia, tidak akan terjadi,” tulis Trump dalam sebuah surat.

Surat yang ditulis Trump diunggah di akun Twitter resminya, Kamis (24/5), sekitar pukul 22.00 WIB. Surat itu berkop Gedung Putih alias ‘The White House’, dibuat di Washington, tertanggal hari ini, 24 Mei 2018.

Wakil Menteri Luar Negeri Korut Kim Kye Gwan menyatakan Korut terbuka kapan pun pertemuan tersebut digelar. Korut menghargai keputusan Trump terkait pembatalan tersebut.

“Kami (sebelumnya) sangat menghormati upaya Presiden Trump (untuk bertemu Kim Jong Un), belum pernah dilakukan oleh presiden sebelumnya untuk membuat rencana pertemuan bersejarah Korut-AS,” kata Kim Kye Gwan seperti dirilis kantor berita Korut KCNA.

“Kami memberitahukan kepada AS sekali lagi bahwa kami terbuka untuk menyelesaikan masalah kapan saja dan dengan cara apa saja,” jelasnya.

Continue Reading

Malaysia

Mahathir Akan Kembalikan Kejayaan Malaysia, Minta Kerja Sama PNS

Published

on

Mahathir Mohamad

SINGKILNEWS | Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad bertekad untuk mengembalikan kejayaan Malaysia. Tekad itu disampaikan Mahathir dalam pidatonya di depan para pegawai negeri sipil (PNS) hari ini.

“Negara kita sangat dihormati sebelumnya, tetapi sekarang tidak sama seperti di masa lalu. Kita harus memulihkan negara untuk memastikan bahwa negara akan kembali dipandang tinggi dan dihormati,” ujar Mahathir dalam pidatonya di Departemen PM seperti dilansir media Malaysia, The Star, Senin (21/5/2018).

Mahathir pun meminta para pegawai pemerintah untuk memberikan kerja samanya di pemerintahan negara tersebut.

“Selama saya tidak melanggar hukum apapun, saya harap Anda semua akan memberikan kerja sama Anda yang tak terbagi kepada saya sebagai Perdana Menteri,” imbuh Mahathir saat berpidato di depan para staf Departemen PM untuk pertama kalinya sejak dilantik.

Dikatakan Mahathir, kerja sama tersebut sangat dibutuhkan sehingga pemerintah bisa mencari cara-cara untuk mengatur dan menyelesaikan utang-utang Malaysia, yang disebut Mahathir kini mencapai 1 triliun Ringgit.

“Kita menemukan bahwa keuangan negara misalnya, disalahgunakan dengan cara yang sekarang kita menghadapi kesulitan untuk menyelesaikan utang-utang yang telah meningkat menjadi satu triliun Ringgit,” tutur Mahathir.

“Kita tidak pernah berurusan dengan ini sebelumnya. Sebelumnya kita tidak pernah menghadapi utang lebih dari 300 miliar ringgit, tetapi sekarang telah menanjak menjadi 1 triliun Ringgit,” imbuhnya.

“Saya harus menyatakan bahwa mereka yang melakukan kesalahan harus ditangani sesuai dengan hukum,” tandas Najib.

Mahathir juga menekankan bahwa tiga pilar negara — eksekutif, legislatif dan yudisial — akan dipisahkan dengan benar dan bahwa aturan hukum akan dipulihkan. Ini pertama kalinya Mahathir berpidato di depan para pegawai negeri sipil sejak dirinya dilantik menyusul kemenangannya dalam pemilu 9 Mei lalu. Mahathir dilantik menjadi PM pada 14 Mei lalu, untuk menggantikan Najib Razak yang secara mengejutkan kalah dalam pemilu. [] Detik

Continue Reading

Terpopuler